Kamis, 30 Mei 2013

'AMMAR BIN YASIR SEORANG TOKOH PENGHUNI SURGA

lanjutan........
Rasulullah saw. tidak lupa mengunjungi tempat-tempat yang diketahuinya sebagai arena penyiksaan bagi keluarga Yasir. Ketika itu tidak suatu apapun yang dimilikinya untuk menolak bahaya dan mempertahankan diri. Dan rupanya demikian itu sudah menjadi kehendak Allah. Maka Sumayyah, Yasir, dan 'Ammar adalah tokoh luar biasa yang dengan pengurbanan, ketekunan dan keuletan mereka itu, dapat memateri kebesaran dan keabadian Islam secara kuat dan kukuh…
Siksaan yang dialami oleh 'Ammar bin Yasir dilukiskan oleh kawan-kawannya dalam beberapa riwayat. Berkata 'Amar bin bin Hakam :
“Ammar itu disiksa sampai-sampai ia tak menyadari apa yang diucapkannya”.
Berkata pula 'Ammar bin Maimun :
“Orang-orang musyrik membakar 'Ammar bin Yasir, ketika Rasulullah saw. Lewat di tempatnya lalu memegang kepalanya dengan tangan beliau, sambil bersabda:
“Hai api, jadilah kamu sejuk dingin di tubuh 'Ammar sebagaimana dulu kamu juga sejuk dingin di tubuh Ibrahim.!”
Pada suatu hari ketika ia tak sadarkan diri lagi karena siksaan yang demikian berat, orang-orang musyrik mengatakan kepadanya: “Pujalah olehmu tuhan-tuhan kami!”, lalu mereka mengajarkannya kata-kata pujaan itu, sementara 'Ammar mengikutinya tanpa menyadari apa yang diucapkannya
. Ketika siuman sebentar akibat dihentikannya siksaan, tiba-tiba ia sadar akan apa yang telah diucapkannya…, maka hilanglah akalnya dan terbayanglah di pelupuk matanya betapa besar kesalahan yang telah dilakukannya, suatu dosa besar yang tak dapat ditebus dan diampuni lagi.., hingga beberapa saat dirasakannya siksaan orang musyrik terhadap dirinya sebagai obat pembalur luka dan suatu kenikmatan juga.
bersambung...

Tidak ada komentar: