Senin, 13 April 2020

TUGAS F3 UNTUK KELAS VI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Murid-muridku, Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT sehingga kalian dan keluarga di rumah dalam keadaan sehat wal’afiat jasmani dan rohani. Apabila ada yang sakit semoga diberikan kesembuhan dengan sempurna. Amin 3x Ya Rabbal ,alamin.

Sebelum memulai mengerjakan tugas murid-murid diharapkan berdo’a terlebih dahulu sebagaimana doa waktu di ruang computer.

Murid-murid sekalian, tugas yang akan kalian kerjakan adalah : membuat STRUKTUR ORGANISASI, terdapat di Buku TIK hal. 64 – 67. Adapun petunjuknya adalah :

Buka Ms. Word, setelah tampil layar kerja, kalian ketik judul menggunakan WordArt : STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAHAN RI, lalu enter.

Pilih Menu Insert lalu klik SmartArt
Setelah tampil kotak dialog Choose a SmartArt Graphic, kalian pilih Hierarchy lalu klik OK, seperti gambar pada Buku paket hal. 65.

Selanjutnya kalian hapus kotak yang tidak diperlukan (lihat gambar yang dilingkari) dengan cara klik kanan pada kotak tsb pilih cut.


Tambahkan kotak ke bawah seperti pada hal. 66/67 dengan cara Klik kotak yang  tengah lalu pilih Add Shape klik Add Shape Below (kalau tidak muncul klik Menu Design), sehingga akan muncul kotak baru di bawahnya. Kemudian klik lagi kotak yang tengah pilih Layout klik Standard


Tambahkan kotak ke kiri dan ke kanan dengan cara Klik kotak yang  bawah lalu pilih Add Shape klik Add Shape Before, dan pilih Add Shape klik Add Shape After sehingga akan muncul dua kotak baru.

Klik kotak tengah paling bawah kemudian ikuti langkah-langkah No. 5 dan No. 6 sampai membentuk susunan seperti gambar pada hal. 67 atau gambar di bawah ini.

Kemudian isi teks di kotak tersebut dengan cara pilih Text Pane yang berada di bawah Add Shape. Terakhir untuk memperindah Klik Change Colors pilih design/warna yang kalian sukai tetapi posisinya tidak boleh yang miring.




Selesai mengerjakan tugas, maka hasilnya di save dengan : Nama Kelas F3 dan filenya disimpan di Link di bawah ini :
 1. KELAS VI BA :

2. KELAS VI TA :

3. KELAS VI JA :

Selamat mengerjakan dan Jaga kesehatan
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar: